Pengertian UML : Pengertian, Menurut Ahli, Jenis

Pengertian UML : Pengertian, Menurut Ahli, Jenis

Pengertian UML – Mahasiswa Teknik Informatika telah dipastikan tidak asing lagi mendengar kata UML (unified modeling language). Barangkali sama tidak asingnya dengan flowchart, ERD (entity relationalship diagram) dan jenis diagram alir lainnya.

Tapi, tentu tidak sedikit yang tidak mengenal definisi atau pengertian UML (unified modeling language), baik itu secara umum maupun menurut ahli. Mengetahui pengertian atau definisi UML sebetulnya tidak terlalu penting, barangkali lebih penting mengenal variasi-variasi UML, sejarah dan cara membuatnya.

Meskipun demikian, saya rasa tidak ada salahnya kita untuk mencari tahu mengenai definisi atau pengertian UML, mungkin saja suatu ketika ada yang bertanya akan hal itu terhadap kita.Maka dari itu artikel ini hadir untuk memberi sedikit pengetahuan terkait UML, baik itu pengertian, variasi maupun sejarahnya, Silahkan disimak.

Pengertian UML

Apa itu UML? Seperti yang telah disinggung pada bagian pembukaan di atas, UML adalah kependekan dari unified modeling language. Secara teori hal tersebut dapat diistilahkan sebagai berikut.UML adalah sebuah cara memodelkan sistem yang digunakan untuk menerapkan visualisasi sebuah perancangan yang berorientasi obyek atau yang kita kenal OOP.

Kecuali itu UML juga telah menjadi standar visualisasi, perancangan, pendokumentasian metode, ketika ini menjadi standar dalam pembentukan sebuah blue print.

Pengertian UML Menurut Para Ahli

Supaya mengetahui mengenai opini para ahli mengenai pengertian UML, berikut opininya:

  • Menurut Booch (2005:7), UML adalah bahasa standar yang digunakan dalam perancangan sebuah cara
  • Menurut Nugroho (2009:4), UML adalah cara kolaborasi antara metode booch, OMT (Object Modeling Technique), serta OOSE (Object Oriented Software Enggineering) yang digunakan untuk menelaah perancangan cara
  • Menurut Herlawati (2011:10), UML adalah kumpulan diagram yang terdiri dari sembilan diagram atau delapan diagram

Tujuan Dan Fungsi UML

Berikut adalah sebagian tujuan dan fungsi dari UML.Sebuah bahasa pemodelan yang dapat digunakan dan dimanfaatkan di masa yang akan datang, baik oleh manusia maupun oleh mesin.Mampu memberikan bahasa pemodelan secara visual terhadap user dengan berbagai bahasa pemograman yang digunakan.

Memungkinkan untuk menyatukan praktek terbaik dalam suatu pemodelan.UML digunakan untuk memodelkan cara dengan menerapkan OPP, sehingga tidak cuma digunakan untuk pemodelan perangkat lunak saja.

Mampu menciptakan contoh yang sungguh-sungguh baik, mudah untuk digunakan serta memungkinkan untuk dijalankan secara terpisah.Dapat dimanfaatkan sebagai blue print, karena pemodelan ini sungguh-sungguh mendetail dan tersusun.

Bagaimana? Banyak bukan manfaat dan fungsi dari UML. Bagi kalian yang sampai ini belum mampu membikin UML, sebaiknya lantas belajar, mengingat penerapan UML sangatlah penting.

Ragam Ragam Diagram UML

Berbeda dengan diagram alir lainnya, seperti DFD (data flow diagram) maupun ERD (entity relationalship diagram) yang cuma satu variasi, Diagram UML sendiri adalah kumpulan dari sebagian diagram, ada yang beranggapan UML terdiri dari 8 diagram, ada juga yang mengucapkan 9 diagram, pun ada pendapat yang menyebutkan UML terdiri dari 13 diagram.

Kemudian mana yang benar? Aku kira seluruh pendapat tidak ada yang keliru, karena mempunyai dasar masing-masing. Akan dalam praktiknya menggunakan UML cukup cuma 5 tingkatan saja yang digunakan, adalah sampai class diagram atau squance diagram.

Berikut daftar variasi UML
  • Use case diagram
  • Activity diagram
  • Sequence diagram
  • Class diagram
  • Statemachine diagram
  • Communication diagram
  • Deployment diagram
  • Component diagram
  • Object diagram
  • Composite structure diagram
  • Interaction overview diagram
  • Package diagram
  • Diagram timing

Tabel Ragam Diagram UML

Rupanya banyak juga ya variasi diagran UML, seperti yang pernah dikatakan pada biasanya cuma digunakan 5 saja.Berikut beberapa penjelasan dari daftar UML di atas.

Use Case Diagram

Use case diagram adalah salah satu diagram UML yang menerangkan mengenai interaksi antara actor dengan cara serta hubungannya.Use case juga membahas mengenai relasi antara use case dalam cara dan juga actornya.

Activity Diagram

Tiap diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, activity diagram mempunyai makna sebagai diagram kesibukan. Sama halnya dengan diagram sebelemumnya, activity diagram adalah variasi diagram UML yang digunakan untuk menandakan pengerjaan sebuah cara.Kecuali pengerjaan yang terjadi dalam cara akan ditunjukkan dengan mendetail dan lengkap, langkah demi langkahnya dari mulai masukan sampai keluaran.

Squance Diagram

Squance diagram adalah variasi diagram UML yang menerangkan interaksi antar obyek dalam sebuah cara yang diurutkan menurut waktu.Kecuali itu dengan adanya squance diagram ini mempermudah Engineer untuk menyusun sebuah cara yang diharapkan dengan cepat, karena tingkatan yang dikerjakannya telah sungguh-sungguh terang.

Class Diagram

Class diagram adalah variasi diagram UML yang digunakan untuk menunjukkan dan memerakan paket yang terdapat dalam sebuah cara.Dalam sebuah class diagram akan nampak sungguh-sungguh terang relasi atau relasi paket satu dengan yang lainnya. Bila tersebut sekaligus digunakan sebagai rujukan dalam pembangunan cara.

Statemachine Diagram

Statmaschine diagram adalah bagian dari diagram UML yang tidak terlalu kerap kali digunakan, pun sebagian orang tidak memakainya.Tapi kendati demikian, statemachine diagram ini tidak boleh dilupakan, karena mempunyai fungsi menunjukkan atau menerangkan trasnsisi atau perubahan dalam sebuah cara.

Communication Diagram

Communication diagram adalah salah satu variasi UML yang menerangkan mengenai relasi antar obyek dalam sebuah cara.Kecuali itu variasi diagram ini mampu menandakan setiap tingkatan dan aktivitasnya, jika diamati hampir mirip dengan squance diagram, yang membedakan cuma saja lebih fokus terhadap obyek msing-masing.

Deployment Diagram

Deployment diagram adalah variasi UML yang menerangkan tata letak sebuah cara secara lahiriah. Diagram variasi ini dapat juga digunakan untuk menunjukkan bagian software yang terdapat pada hardware.Juga digunakan untuk memetakan relasi antara software dan bagian hardware. , diagram ini digunakan untuk menunjukan tata letak software dan hardware.

Component Diagram

Component diagram adalah sebuah diagram UML yang cuma menandakan sebuah software pada cara. Component diagram adalah sebuah penerapan dari satu maupun lebih kelas, dan biasanya berupa file variasi berikut, file.exe,source code,document,table,dll.

Kesimpulan

Nah demikian artikel mengenai pengertian UML secara lengkap, semoga artikel ini dapat membatu kalian dalam mempelajarinya.
LihatTutupKomentar